Pada Hari Pahlawan, Kemenkeu Memberikan Penghargaan Kepada Pemkab Mansel

PENTUL, RANSIKI- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dapat kejutan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu-RI).

Kejutan tersebut adalah Pemkab Mansel menerima penghargaan dari Kemenkeu-RI karena berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pemeriksaan keuangan tahun 2019 yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Papua Barat.

Piagam penghargaan yang diberikan bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan itu diserahkan langsung oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kementerian Kuangangan Provinsi Papua Barat, Heru Utomo kepada Pjs. Bupati Mansel, Musa Kamudi di Kantor Bupati, Selasa (10/11).

Pjs. Bupati Mansel, Musa Kamudi dalam sambutannya mengaku bahwa ia tidak menyangka bahwa daerah yang dipimpinnya untuk sementara ini akan mendapatkan penghargaan tersebut.

“Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf kepada Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat yang telah hadir disini dan kami belum melakukan persiapan apapun, karena kami baru mendapat informasi ini pagi tadi sehingga tidak sempat melakukan persiapan” kata Musa.

Musa juga mengungkapkan bahwa, Penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemkab Mansel ini berkat kerja keras seluruh OPD karena patuh dalam aturan soal penggunaan anggaran di Kabupaten Manokwari Selatan.

“Berkat kerjasama dan juga kepatuhan kita terhadap aturan ini lah maka Penghargaan ini diberikan, apa saja yang berhasil kita raih sekarang ini mari kita pertahankan dengan sebaik-baiknya, sebab mekanisme cara pengolahan anggaran itu ada mekanisme dan juga rambu-rambu yang seharusnya kita patuhi” tukasnya.

Diapun berpesan kepada seluruh pimpinan OPD beserta jajaran, sekiranya dapat mempertahankan kinerja yang baik dan memperbaiki hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat.

“Sudah sepatutnya kita ini lakukan pembenahan dan perbaikan yang baik kalau ada kekurangan dalam pekerjaan, agar opini yang berhasil kita raih sebelumnya dapat kita pertahankan. Memang disaat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tetapi aktifitas penyelenggaran pemerintahan pelayanan pada masyarakat harus tetap terlaksana” pungkasnya.

Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Papua Barat, Heru Utomo dalam sambutan dan paparanya mengungkapkan, penghargaan ini layak diberikan kepada Pemkab Mansel lantaran semua laporan keuangan daerah tersebut tersusun dengan rapi dan patut dicontoh oleh daerah lain meskipun Mansel adalah salah satu Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Papua Barat.

“Pemkab Mansel memang layak untuk mendapatkan penghargaan ini, karena berhasil mendapatkan Opini WTP dari BPK. Meski ada kekurangan tapi itu tidak mengurangi nilai plus yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat. Dan kami berharap agar kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperbaiki sehingga menjadi lebih baik kedepan,” singkatnya.