sambal goreng ati kentang
sambal goreng ati kentang (source: instagram.com/rinihasrita)

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Untuk Lebaran

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Untuk Lebaran

Lebaran akan segera tiba. Masakan yang paling sering muncul di benak orang-orang tentunya adalah sambal goreng kentang ati beserta dengan kupat dan opor ayam. Hmm, lezatnya. Bagi Anda yang ingin membuat masakan istimewa untuk orang-orang tercinta berikut kami hadirkan artikel resep masakan ini untuk Anda dan keluarga tercinta.

Orang Indonesia sering memasak sambal goreng kentang dengan bahan lain seperti ikan, ayam, dan daging. Hati jahe juga merupakan salah satu bahan yang sering dicampur dengan kaldu cabai bakar.

Menu yang memadukan kentang dan ampela hati ini disebut juga dengan samba goring ati potato. Sambal goreng ati kentang biasanya disajikan saat lebaran atau hari raya besar.

Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti resep sambal goreng ampela hati sederhana ini. Simak resep lengkapnya di bawah ini, ya!

Resep sambal goreng ampela hati sederhana

1. Bahan yang harus dibeli dan disiapkan

Bahan utama:

1/2 kg hati sapi

1/2 kg kentang

1/2 kelapa

1 sendok teh gula

1 batang serai

2 sdm minyak

2 bulu babi

2 sendok teh garam

3 lembar daun jeruk

3 cm lengkuas

5 cabai merah besar

Bumbu halus;

2 cm jahe

4 pecan

4 siung bawang putih

6 bawang bombay

2. Rebus hati ayam

ampela hati (source: instagram @tokosari_segalenyamen)

Gunakan bahan-bahan segar yang masih segar untuk menjaga rasa dan kualitas tetap baik. Jika Anda sudah memiliki hati ayam, Anda bisa langsung memotongnya, tetapi Anda harus berhati-hati karena mudah patah.

Bentuk potongan hanya boleh berbentuk dadu. Kemudian cuci dengan air bersih, jangan digiling karena bisa hilang. Anda bisa merebusnya sampai matang.

3. Lumuri bumbu halus sampai harum

Bersihkan bawang merah, bawang putih, cabai, dan jahe. Kemudian, haluskan semua bumbu ulekan sampai lembut. Siapkan ulekan, lalu taruh semua bumbunya di atas cobek. Tambahkan juga kemiri yang sudah disangrai, haluskan sampai semuanya halus.

Setelah bumbu halus, saatnya kamu menumisnya. Siapkan wajan, lalu tuangkan minyak dan panaskan. Kemudian, tuangkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan cabai merah yang sudah diiris dan lengkuas. Aduk terus hingga harum.

4. Memasak santan dengan bumbu lainnya

Contoh memasak (source: freepik.com)

Kupas labu, parut dan peras jusnya. Jika Anda malas untuk mencicipinya, Anda bisa membeli kelapa yang sudah jadi. Jika sudah ada kelapa yang sudah dicincang, segera tambahkan 250 ml air, lalu peras semua air kelapanya hingga menjadi santan.

Jika santan sudah tersedia, segera rendam dalam bumbu. Jangan lupa tambahkan gula dan garam sesuai selera. Tunggu beberapa saat hingga mendidih.

5. Tambahkan kentang dan hati yang sudah dibumbui

Saat bumbu sudah mendidih, sekarang saatnya memasukkan kentang dan hati ke dalamnya. Aduk sebentar hingga kentang dan hati tercampur dengan bumbu. Biarkan acar sampai tertelan kentang dan hati.

Jika tidak ada rebusan lagi, Anda bisa mematikan kompor. Itu berarti Anda bisa melayani. Tunggu sebentar sampai kuah cili ubi nya panas, baru bisa disajikan dengan nasi panas.

Resep sambal goreng ampela hati sederhana tadi cukup lengkap bukan?

Tak perlu menunggu lebaran atau hajatan, kini Anda bisa menyiapkan makanan sendiri dan memakannya kapan saja!